SINOPSIS ” LUKITA “

SINOPSIS

Cerpen ini berjudul LUKITA, yang merupakan faktor utama yang mempengaruhi tokoh utama. Karena LUKITA adalah sebuah nama seorang kekasih dari tokoh utamanya yaitu Dika. Cerpen ini ditulis dengan sudut pandang orang pertama dan alur mundur sehingga sebelumnya, pembaca tidak akan tahu kalau sebenarnya LUKITA telah meninggal karena kecelakaan bersama Dika. Sebuah kenangan terakhir darinya adalah music box, yang sering didengarkannya. Awalnya menceritakan tentang Dika yang sangat merindukan kekasih hatinya. Dia sangat terobsesi dengannya. Hingga dia pun tak memperhatikan kondisi kesehatannya. Kuliahnya berantakan dan dia menjadi sosok pria yang aneh. Dokter bilang dia terkena sindrom Skizofrenia. Dia sering mendengar dan melihat sosok LUKITA. Dia menganggap seolah-olah LUKITA masih hidup.

Apalagi pikirannya juga terganggu akan kelakuan ibunya. Setelah kematian ayahnya sebulan yang lalu, ibunya sering berduaan dengan ayah Raras, sahabat sejati Dika yang selalu memperhatikan dan mencintainya. Ibu Raras sakit keras sehingga Dika tidak berani mengatakan hubungan ibunya dan ayah Raras. Dika merasa perhatian ibunya kepadanya semakin menurun. Karena ibunya lebih memperhatikan selingkuhannya. Bahkan ibunya berniat akan menjodohkannya dengan Raras. Namun tetap saja pilihannya jatuh pada LUKITA. Karena dia merasa kalau LUKITA masih hidup. Dokter yang memantau keadaannya menyarankan agar Dika dimasukkan di Rumah Sakit Jiwa. Ibunya menyuruh Raras untuk membujuk Dika bepergian ke suatu tempat yang tidak lain sebenarnya adalah Rumah Sakit Jiwa.

Dia sudah seminggu berada di sana tanpa ada yang menjenguk, terutama ibunya. Tiba-tiba dia melihat Raras dengan mata yang penuh sembab. Raras menceritakan segalanya, termasuk kematian LUKITA. Dia pun juga tidak memaksanya untuk menerima pernikahan itu. Dan dia juga sebenarnya sudah tahu hubungan ayahnya dengan ibu Dika. Dia melakukan semua itu agar Dika tidak memikirkan macam-macam. Dia hanya ingin Dika sembuh total. Mendengar kenyataan yang diungkapkan oleh Raras, perasaan Dika bergejolak tak percaya. Sampai pada keputusan final bahwa dia menuruti suara-suara yang memerintahkannya untuk melompat ke dalam sumur tua di Rumah Sakit Jiwa. Karena suara itu diyakininya sebagai suara LUKITA. Akhirnya dia benar-benar hidup selamanya dengan LUKITA. Dalam bayangannya dia melihat LUKITA yang mengajaknya berdansa seperti patung dalam music box.

Kematian Dika menyisakan kepedihan dan luka yang mendalam bagi Raras dan ibu Dika.

2 thoughts on “SINOPSIS ” LUKITA “

    1. wadowh..iya maap kelepasan! wkwkwkwkwkwkwkwk
      Wah jal udah terlanjur tak ikutin LMCR nih, ha2 gak apalah biar mbk Raras jd terkenal ha2
      Wah hati2 ntar :
      “Udah malem apa udah tahu apa udah makan?” hahahahaha
      Hati2 lo ada kuntilmanak, biasanya ada yang bolong…

      tau kan, hidungnya yg bolong!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s