Menerapkan Gaya Hidup Aktif, Yuk..

Hidup sehat tidak melulu harus dilakukan dengan investasi mahal. Cukup dengan menerapkan gaya hidup aktif. Karena dengan melakukannya, banyak sekali manfaat yang kita dapatkan. Secara fisik, badan akan menjadi segar, pikiran menjadi fresh. Coba bandingkan saja dengan orang yang hanya melewatkan hari-harinya di depan Komputer atau televisi. Ada suatu penelitian di Pusat Penelitian Biomedis Pennington di Baton Rouge, Lousiana mengatakan bahwa pria yang aktif bekerja 10 persen lebih rendah terserang gagal jantung. Sedangkan bagi wanita 20 persen lebih rendah diserang penyakit yang sama.

Selain itu studi pada 2.401 orang kembar menyatakan bahwa mereka yang menerapkan gaya hidup aktif , secara biologi akan tampak 10 tahun lebih muda dibandingkan dengan mereka yang lebih banyak duduk. Studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang cukup aktif dan melakukan kegiatan fisik rata-rata 100 menit per pekan memiliki telomere yang rata-rata kelihatan lima atau enam kali lebih muda dibandingkan dengan subjek yang kurang aktif dan melakukan kegiatan fisik rata-rata 16 menit setiap pekan.

Telemore sendiri adalah suatu sequence DNA yang berada di kedua ujung kromosom. Jadi, Telomere ini akan bertambah pendek ketika satu sel terbelah. Ketika telomere menjadi terlalu pendek, sel-sel akan berhenti terbelah. Hal itu akan menyebabkan Penuaan bila lebih banyak sel mencapai akhir telomere-nya dan mati.

Bagaimana? Banyak sekali kan manfaatnya. Untuk itu marilah mulai dari sekarang untuk menerapkan gaya hidup aktif.

-berbagai sumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s